|| 2013 - November - 15 || Finally! Kesempatan Langka, Diskusi dengan HRBP

Pk 09.31, 15 November 2013
Finally! Kesempatan Langka, Diskusi dengan HRBP






Catatan awal
Sudah  lama rasanya gue enggak menulis sesuatu sebagai pelampiasan isi otak gue, tapi bukan berarti gue ga punya otak ketika gue ga menulis ya, hanya saja blogmu mengalihkan duniaku #huye, bukan.. bukan hanya itu.. hanya saja raga & bathin gue sangat tersita dengan pekerjaan di Alstom hingga permasalahan yang menimpa Flohope Indonesia. Otak gue yang berdiameter semangka sekarang tinggal sebiji salak karena jarang membaca, membaca apapun, dari majalah Bobo hingga majalah Gadis *lepasin stocking*



|| Posisi di Alstom ||
User gue adalah Country HR Director Alstom Indonesia dimana disaat bulan pertama gue sangat girang mengetahui hal ini dikarenakan gue akan tahu berapa take home pay beliau per bulan #huye, bukan.. bukan hanya itu.. namun gue berharap ada kisah yang dibagi dan cerita yang terselip tentang kehidupan kampus beliau, tentang perjalanan karier beliau, atau tentang bekerja di perusahaan asing sehingga beliau bisa berkeliling dunia dari Italia hingga Perancis, dari Jepang hingga pedalaman Solok. Umur beliau pun sekarang kisaran 42-43 tahun.

Man! Sayang banget deh kalo lw mengabdi di perusahaan asing tapi hanya ngerjain sesuatu yang bersifat hardskill.

Tapi yang gue dapet hanya :
Pk 08.00 - 12.00          beliau masuk ruangan, menutup ruangan, teleconference
Pk 13.00 - 15.00          beliau masuk ruangan, menutup ruangan, meeting
Pk 15.30 - 17.00          beliau masuk ruangan, menutup ruangan, membuat laporan

Sedangkan gue hanya :
Pk 08.00 - 12.00          buka facebook, ngestalk, buka twitter, ngestalk, buka blog, ngestalk
Pk 13.00 - 15.00          buka youtube, ngestalk, buka tumblr, ngestalk
Pk 15.30 - 17.00          buka baju hingga terkapar megap megap

Tentu pada aslinya gue ga seperti itu ya, malu lah sama dia yang sudah pernah magang duluan #huye karena gue mendukung pekerjaan Manager of Quality dalam Improvement Process via Remapping & FMEA Method dan  pada akhirnya.. well.. mendukung HRBP juga yaitu recalculate allowance untuk setiap kategori karyawan di 4 region di seluruh Indonesia menggunakan prediksi inflasi data Bank Indonesia, BPS, 12 Media Massa, & 8 Bank Internasional (berasal dari Bloomberg) dari tahun 2013 hingga 2016 disertai data lapangan. *ini penyebab gue megap2*



|| Suatu Pagi, Jumat Ini, Berdiskusi dengan HRBP ||
Mungkin harus dijelaskan ke kalian dulu silent reader, tentang apa itu Human Resource Business Partner ya. Jadi di Alstom ini menganut 2 jalur karier yaitu expert stream dan managerial stream dimana untuk managerial stream ini akan mengisi posisi strategis sebagai manager yang akan mempunyai bawahan dan memberi laporan ke atasan hingga berhubungan dengan user untuk setiap proses bisnis. Jadi secara horizontal & vertikal mempunyai hubungan yang erat. Lebih kurangnya, para silent reader sekalian bisa melihat kapasitas diri disertai struktur wajah saya dalam menduduki posisi tersebut *ngelap kaca lift*

Sehabis membantu mengerjakan project dari HRBP sekitar 4 hari, di Jumat pagi ini, ketika beliau sedang membuat kopi di Rest Area, tetiba memulai perbincangan tentang passion gue :

HRBP                                                          : Singgih, jurusan kamu apa sih?
Dia Yang Tak Boleh Disebut Namanya         : Manajemen Pemasaran, Bu
HRBP                                                          : Passion kamu apa memang?
Dia Yang Tak Boleh Disebut Namanya         : *deg* pas ditanya gitu, gue ngeblank,
masa gue jawab “passion saya ngestalk orang, Bu” atau “passion saya main layangan di kebun Haji Sueb, Bu” sehingga alih-alih gue menjawab dengan “saat ini sekarang saya sedang fokus di Political dan Social Marketing, Bu”

Dan berikut beberapa pernyataan menarik dari HRBP Alstom Grid yang bisa menjadi pegangan gue kedepan untuk mencari jodoh #huye (Y)

Tentang Generasi Saat Ini
“Saya menyadari betul lho Singgih, generasi sekarang lebih ambisius, lebih kompetitif ya, tapi kadang suka ga ngukur diri, contohnya para fresh graduate yang langsung minta rate Rp 8jt maka saya bilang aja apa yang kamu bisa kasih ke perusahaan?”

Tentang Pengembangan Diri
“Kamu harus tahu apa passion kamu Gih, kamu harus paham mau pilih pengalaman atau money oriented. Kalau zaman sekarang mah jika di perusahaan asing atau jika di BUMN saya kurang tahu ya, coba pilih management trainee karena supaya dapet pengalaman di semua lini. Kamu masih ada waktu sampai umur 28 tahun untuk itu. Saya awalnya masuk jadi management trainee di Bank American Express selama 2 tahun lalu pindah ke Fedex dan selama 2 tahun ditawari posisi manajer, namun saya sadar diri belum mampu memimpin anak buah sehingga saya tolak saja, Hehehe...”

Tentang Kuliah S2/Kerja
“Singgih, kalau kamu ada rezeki, baiknya kamu langsung lanjut S2 saja, tapi kamu juga harus melihat kepentingan orang tua, kalau kamu mau kerja dulu lalu lanjut kuliah itu lebih baik karena ketika kamu kuliah S2 maka sudah memahami bagaimana knwledge tools itu bisa dimaksimalkan.
Kalau saya dulu setelah kuliah S1, menimbang keadaan orang tua yang masih mampu & akan pensiun maka saya nembak saja langsung lanjut ke S2 di Universitas Wollongong, Australia”

Tentang Pemilihan Karier
“Begini, percaya deh, kalo kamu punya loyalitas & pengalaman maka money will follow you. Terpenting jangan kutu loncat. Pastikan passion mu sesegera mungkin”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar