|| 2013 - Agustus - 21 || Hash! Kondisi Terburuk & Kesempatan Terbaik!

Pk 06.12, 12 Agustus 2013
Hash! Kondisi Terburuk & Kesempatan Terbaik!






|| Sebuah Pengantar ||
Tulisan ini dikeluarkan dengan menunda 4 tulisan gue lainnya. Ini bagi kalian, para silent reader bahwasanya tulisan dan hidup gue (atau bahkan kita semua) tidak selamanya disertai dengan haha-hihi canda tawa semata dan bercanda saja, karena hidup itu kadang diatas dan sering dibawah (Nampak ada yang aneh dengan kalimat tersebut ya) , namun tidak seharusnya kita membenamkan diri dengan berbagai masalah tersebut lantas menyerah lalu malah kepo tentang apa yang dia post di twitter, blogger, atau status BB #halah


“agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu,
dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu…”


|| Kondisi Terburuk ||
Tahun ini merupakan kondisi yang berat buat gue, berbeda dari tahun sebelumnya yang sudah dapat diprediksikan. Vonis kegagalan akademik yang gue terima bulan Juni 2013 mengacak semua life planning, career path, hingga financial resource yang dari sejak pertama kuliah di FE-UI akhirnya baru mengalami apa yang disebut dengan cash bleeding.

Setiap tahun, pertengahan tahun tepatnya, selalu ada saja project yang membuat gue dapat bertahan hidup selama liburan semester atau untuk kegiatan non-akademik. Dan puncaknya memang di tahun 2012 disaat gue serasa diguyur oleh Allah SWT dengan berbagai perlombaan dan penghargaan yang gue sama sekali ga sangka, dengan berbagai kesempatan program pengembangan diri hingga project yang dapat membiayai kuliah gue dari sejak semester pendek 2012 hingga 1 tahun kedepan bahkan! Woh!
NB : Kalo mau tahu lebih jelas bisa lihat “about profile facebook”

Nah, itu kata kuncinya : “...hingga 1 tahun kedepan...”
Karena semua yang gue rencanakan untuk segala pencapaian terbaik gue adalah hanya hingga tahun akademik ke-5 di FE-UI dan badai tsunami kegagalan akademik tersebut datang. Total. Duaar! Segala yang gue rencanakan buyar. 1 yang terngiang-ngiang dalam kondisi tersebut, seakan-akan cupid mengitari diatas kepala gue bukan dengan panah cinta tapi malah pegang kalkulator statistika & akuntansi sambil berkata :
cash bleeding, cash bleeding, cash bleeding

Namun dalam jangka waktu tidak sampai 1 minggu gue mendapat jawaban dariNya :’)


“dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya”
“dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkannya”
“kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna”


|| Kesempatan Terbaik! ||
Well.. Entah mengapa Allah swt seperti selalu memberikan gue kesempatan kedua, ketiga, keempat, hingga kesembilan puluh sembilan sampai kadang gue ngerasa terlena dan ga bersyukur. Setelah melalui audiensi beberapa kali yang sebenarnya sudah ditawarkan semenjak bulan Desember 2012 lalu, dimana ada dosen tamu yang menjabat sebagai Country HR Director cukup tertarik dengan diri gue manakala gue menanyakan sesuatu tentang sistem Pelatihan & Pengembangan SDM dan menawarkan secara langsung untuk magang, namun dikarenakan semester 10 lalu ada fokus di Flohope Indonesia sehingga gue menurunkan ego untuk magang di tempat beliau.

Hari ini
Gue akan memulai proses baru
Gue yang biasanya menelusuri wilayah kumuh, terpencil atau ke desa
Gue yang seringnya rapat di emperan fakultas atau kantin kampus
Gue yang umumnya mimpin rapat hingga gerakan tanpa digerakkan kompensasi materiil

Sekarang
Gue kudu pakai kemeja formal lengan panjang/pendek/seperempat beserta wangi-wangian
Ada kesempatan untuk meringankan masalah cash bleeding gue
Ada nafas untuk mencari pengalaman baru di dunia professional
Ada jalan untuk menambah kapasitas diri di bidang Human Resource & Operational

Jika di tangan kiri adalah seorang professional, maka di tangan kanan adalah Flohope Indonesia yang mana juga berada dalam kondisi bersiap untuk menanjak - mengajak - menginspirasi

Bismillah
Selama 3 bulan kedepan
Gue akan meng-capture main process of HR Business dari lini recruiting, talent management, payroll, transactional, & HRBP Process di 4 lini bisnis PT Alstom Indonesia (dari Grid, Power, Transport, dan Unindo) dengan 3 mentor yang seluruhnya jebolan anak ITB yaitu :
  •           Country HR Director
  •           Head of Alstom Employee Service
  •           Quality Manager

Dimana ini sejujurnya dunia yang sangat baru buat gue sebagai anak marketing of FEUI.


“Dan tidakkah mereka memperhatikan bahwa Allah yang melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan Dia (pula) yang membatasi (bagi siapa yang dia kehendaki).

Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang beriman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar